Rencana Pembelajaran: Sejarah Indonesia - Kelas 10
Alokasi Waktu: 4 pertemuan (4 x 45 menit)
Pertemuan 1: Pendahuluan dan Pengantar Sejarah Indonesia
Tujuan Pembelajaran:
Siswa memahami pengertian sejarah dan pentingnya mempelajari sejarah
Indonesia.
Siswa mengenal perbedaan antara sumber primer dan sumber sekunder.
Kompetensi Inti:
KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan
rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan fenomena
sosial, serta kelestarian lingkungan.
Kompetensi Dasar:
KD 3.1: Mendeskripsikan pengertian sejarah dan kegunaannya dalam kehidupan
sehari-hari.
KD 3.2: Mengidentifikasi sumber primer dan sumber sekunder dalam penelitian
sejarah.
Pertemuan 2: Masa Praaksara di Indonesia
Tujuan Pembelajaran:
Siswa memahami kehidupan manusia pada masa praaksara di Indonesia.
Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kebudayaan pada masa praaksara.
Kompetensi Inti:
KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2: Mengakses informasi dalam media cetak, media elektronik, dan media
digital dalam bahasa yang dimiliki.
Kompetensi Dasar:
KD 1.1: Menjelaskan kehidupan manusia pada masa praaksara di Indonesia.
KD 2.2: Mendeskripsikan ciri-ciri kebudayaan pada masa praaksara.
Pertemuan 3: Kerajaan-Kerajaan di Nusantara
Tujuan Pembelajaran:R
Siswa mengenal perkembangan kerajaan-kerajaan di Nusantara.
Siswa memahami faktor-faktor yang mendukung perkembangan kerajaan di
Nusantara.
Kompetensi Inti:
KI 4: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, percaya
diri, dan bekerja keras dalam berinteraksi secara efektif dalam kelompok kecil
dan kelompok besar.
Kompetensi Dasar:
KD 3.3: Menjelaskan perkembangan kerajaan-kerajaan di Nusantara.
KD 3.4: Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung perkembangan kerajaan
di Nusantara.
Pertemuan 4: Perjuangan Kemerdekaan Indonesia
Tujuan Pembelajaran:
Siswa memahami peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan
Indonesia.
Siswa mampu menghubungkan perjuangan kemerdekaan dengan semangat
nasionalisme.
Kompetensi Inti:
KI 2: Mengakses informasi dalam media cetak, media elektronik, dan media
digital dalam bahasa yang dimiliki.
KI 5: Menyajikan hasil pengamatan dan penilaian dalam bentuk lisan dan
tulisan dengan menggunakan ragam bahasa yang baik dan benar serta sesuai dengan
konteks.
Kompetensi Dasar:
KD 3.5: Menjelaskan peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan
kemerdekaan Indonesia.
KD 3.6: Menghubungkan perjuangan kemerdekaan dengan semangat nasionalisme.
Catatan Penting: Pastikan untuk mengacu pada dokumen resmi kurikulum dan
pedoman pembelajaran yang berlaku di wilayah Anda guna memastikan bahwa RPP ini
sesuai dengan kebijakan terbaru. Juga, pastikan untuk menyesuaikan metode
pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan dan
karakteristik siswa di kelas Anda