RPP Sejarah Indonesia - Kelas 10 2023

 

Rencana Pembelajaran: Sejarah Indonesia - Kelas 10

 


Alokasi Waktu: 4 pertemuan (4 x 45 menit)

Pertemuan 1: Pendahuluan dan Pengantar Sejarah Indonesia

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami pengertian sejarah dan pentingnya mempelajari sejarah Indonesia.

Siswa mengenal perbedaan antara sumber primer dan sumber sekunder.

Kompetensi Inti:

KI 3: Memahami pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan fenomena sosial, serta kelestarian lingkungan.

Kompetensi Dasar:

KD 3.1: Mendeskripsikan pengertian sejarah dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

KD 3.2: Mengidentifikasi sumber primer dan sumber sekunder dalam penelitian sejarah.

Pertemuan 2: Masa Praaksara di Indonesia

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami kehidupan manusia pada masa praaksara di Indonesia.

Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kebudayaan pada masa praaksara.

Kompetensi Inti:

KI 1: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

KI 2: Mengakses informasi dalam media cetak, media elektronik, dan media digital dalam bahasa yang dimiliki.

Kompetensi Dasar:

KD 1.1: Menjelaskan kehidupan manusia pada masa praaksara di Indonesia.

KD 2.2: Mendeskripsikan ciri-ciri kebudayaan pada masa praaksara.

Pertemuan 3: Kerajaan-Kerajaan di Nusantara

 

Tujuan Pembelajaran:R

Siswa mengenal perkembangan kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Siswa memahami faktor-faktor yang mendukung perkembangan kerajaan di Nusantara.

Kompetensi Inti:

KI 4: Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, percaya diri, dan bekerja keras dalam berinteraksi secara efektif dalam kelompok kecil dan kelompok besar.

Kompetensi Dasar:

KD 3.3: Menjelaskan perkembangan kerajaan-kerajaan di Nusantara.

KD 3.4: Mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung perkembangan kerajaan di Nusantara.

Pertemuan 4: Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Tujuan Pembelajaran:

Siswa memahami peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Siswa mampu menghubungkan perjuangan kemerdekaan dengan semangat nasionalisme.

Kompetensi Inti:

KI 2: Mengakses informasi dalam media cetak, media elektronik, dan media digital dalam bahasa yang dimiliki.

KI 5: Menyajikan hasil pengamatan dan penilaian dalam bentuk lisan dan tulisan dengan menggunakan ragam bahasa yang baik dan benar serta sesuai dengan konteks.

Kompetensi Dasar:

KD 3.5: Menjelaskan peristiwa-peristiwa penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia.

KD 3.6: Menghubungkan perjuangan kemerdekaan dengan semangat nasionalisme.

Catatan Penting: Pastikan untuk mengacu pada dokumen resmi kurikulum dan pedoman pembelajaran yang berlaku di wilayah Anda guna memastikan bahwa RPP ini sesuai dengan kebijakan terbaru. Juga, pastikan untuk menyesuaikan metode pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa di kelas Anda



 

Penulis

Tentang Saya Halo, saya Hendra Junawan. Saya seorang penggemar teknologi, pendidikan, dan olahraga. Melalui blog ini, saya berbagi wawasan, tips, dan inspirasi di tiga bidang yang saya cintai ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat! --- Bagaimana, apakah ini sudah sesuai dengan yang Anda harapkan?

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak